PhotobucketPhotobucketPhotobucket

Dibal

Jumat, 26 Februari 2010

DIBAL



Band : Dibal
Genre : Hyper Death Grind
Company : Karanganyar Solo, jawa tengah Indonesia



Ngomongin soal Death Metal,g salah rasanya bila kita mengingat kembali moment terindah saat band bergenre Hyper Death Grind asal Karanganyar Solo ini mengguncang kota Solo di zaman era Orde Baru mulai terguncang kekuasaanya atau sebelum zaman Reformasi.

DIBAL mereka menamainya.
Sebuah band yang beraliran “HYPER DEATH GRIND” yang di pelopori oleh 4 orang personel yakni; Maxx andrea (vocal), Kidd hansxxen(guitar), anto gepenxx hatory (Bass), dan Tixx chang (drums).
Dibal Berdiri pada bulan Agustus tahun 1999 yang pada saat itu teriakan reformasi sedang gencar- gencarnya di serukan!. Sedang Negara Indonesia saat itu sedang mengalami revolusi akibat dampak krisis ekonomi, moral, dan pergolakan politik yang memanas hingga jatuhnya rezim Orde Baru dimasa itu.
Di saat situasi yang serba pelik saat itu DIBAL terlahir di kota solo (salah satu kota yang juga menjadi saksi bisu akibat moral bangsa yang bobrok), arti DIBAL itu sendiri ialah “kaum bawah” sebagai wakil dari kaum – kaum bawah tertindas oleh kapitalisme, politik dan modernisasi yang menyeyngsarakan rakyat kecil.
Dan bisa dibilang Dibal saat itu mampu mewakili sebuah pemberontakan yg didasari atas ketidak puasan rakyat terhadap sytem kepemerintahan yg kacau dan penuh omong kosong ini melalui alunan musik yg keras dan cadas yg tanpa kompromi.
Dibal sendiri menganut Sebagai band Hyper Death Grind pada umumnya, DIBAL mampu berbicara lantang dan meneriakkan tentang kerusakan moral, sosial dan issue global pada saat itu, dengan menuangkannya kedalam lyric-lyric lagu yang antara lain : Eternal in suffered, Fatal in my life, Dead in sleep, Fear of biotech, Dog matting, dan Tragical incident. Dari Ke enam lagu tersebut di kemas dalam mini demo track Yang bertajuk ‘’TRAGICAL INCIDENT” pada 01 maret tahun 2000. Dari beberapa Lagu- lagu DIBAL bisa dibilang sangat terinfluence oleh, NAPALM DEATH, SUFFOCATION, MEGADETH, METALLICA, SEPULTURA, dan MORBID ANGEL.
Satu yg sangat menarik dari penampilan Dibal ketika mereka beraksi diatas panggung adalah, sebuah Growl yg dari Max andrea getarkan mampu menjadikan sebuah mahakarya Hyper Death Grind dari Dibal semakin kental ketika mendengarkanya emh,, dan ga cuma itu ketukan drum nya bisa dibilang super cepat dan sayatan guitar yg tanpa jeda menggilas not harmony sehingga Hyper Death Grind dari Dibal semakin terasa.emh,, kalau boleh aku bilang hampir mirip antara perpaduan Devourment dan Disavowed. bener bener Cadas.
Dan Berbagai tour dalam dan luar kota di seluruh pulau jawa telah di lalui DIBAL di sepanjang tahun 2000 – 2004 Dan terakhir mereka menggelar aksinya di kota jogjakarta, dan setelah itu DIBAL menyatakan vakum, karena alasan pada masing-masing personelnya yaitu bermula dari sang drumer yang sibuk akan kegiatan di luar band, dan di ikuti oleh personel yang lain yang juga dengan alasan yang sama yang akhirnya menyatakan kavakumannya. Namun biarpun Dibal kini telah Vakum dari Extreme Music, tetap saja Dibal tak pernah hilang dari ingatan dalam otak kita bukan dan tentunya saya. hehehe.
Harapan saya sendiri dan pasukan Grinder di seluruh jagad raya khususnya kota bengawan semoga sebuah band Hyper Death Grind kembali terlahir lagi. dgn begitu suara pemberontakan Dibal tak sia sia. betul ga.
Eits,, tungu dulu ada berita menarik lainya Biarpun mereka vakum, Tetapi DIBAL bertekad akan tetap kembali mengisi panggung-panggung metalfest lagi di lain waktu dan kesempatan.
SiIIIppp....! ! !

akhir kata dari saya bila ada sebuah kesalahan yg tertulis mohon maaf yo mas,mbak, dik.
Stay Death F**n Metal Rules.





1 komentar:

Unknown 4 Maret 2021 pukul 00.55  

Maxx Andrea itu om saya, sekarang ia tinggal di Jakarta dan sudah punya anak yaitu sepupu saya. Tapi kalau urusan masih metal dan cadas ? Jangan ditanya! Sampai sekarang om saya masih menggemari berbagai band metal dari berbagai genre. Ia juga yang mengenalkan saya dengan music metal. Sekarang personil band Dibal sudah memiliki aktivitas sendiri sendiri

  © Free Blogger Templates Nightingale by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP