PhotobucketPhotobucketPhotobucket

Sukmo Langgeng

Senin, 22 Februari 2010

Sukmo Langgeng



Band : Sukmo Langgeng
Genre : Javanese Black Metal
Company : Solo, Jawa Tengah Indonesian



SUKMO LANGGENG mereka menamai. Band ini dibentuk pada sekitar bulan Februari 2001. Dan otak dari pembentuk band ini adalah, Adi, Aris dan Setyo.
Setelah ,mereka bertemu dan berbicara di Sukoharjo Blitz, lalu Supri dan Bambang bergabung SUKMO LANGGENG.
SUKMO LANGGENG dalam bahasa Inggris berarti Eternity Jiwa, dan nama ini diambil dari Aris. Dalam makam, Aris telah menghantui oleh sesuatu yang disebut setan hitam, dan dari itu mereka mencoba mengambil jiwanya, tapi melarikan diri dari sisi evil.
Band ini digawangi Adi pada Gitar, Aris di Scream, Supri pada Bass Gitar, Bambang pada Drum dan Setyo Keyboard Player. Mereka bermain Black Metal, dan musik mereka tergelincir panca - nada tonik. Emh,, kalau boleh dibilang musik mereka dipengaruhi Cradle of Filth, Dimmu Borgir dan Dismal bunyi merdu.
Tapi, kadang Sukmo Langgeng menyusun dan Jawa slip Black Metal. Mengapa Jawa? Karena anggota SUKMO LANGGENG hidup dan tumbuh di SOLO, sedangkan di kota ini ditemukan Surakarta Royal Palace (Keraton SOLO).
Jadi, saya piker wajar jika mereka akrab dengan tradisi dan Budaya Keraton.
Namun pada pertengahan bulan Oktober 2001, Aris dan Setyo menyatakan pensiun dari band ini. Dengan alasan Aris akan pergi ke ibu kota untuk berkarier. Untung Hendra dating dan bergabung SUKMO LANGGENG dengan menggantikan Aris sang vokalis. Jadi Sukmo Langgeng masih mampu berkibar hingga titik akhir kejayaan Sukmo Langgeng.
Setelah lama mereka malang melintang di dunia musik Bawah Tanah, seperti pepatah mengatakan bahwa semua tak ada yg abadi. Dan itu berlaku pula pada mereka. Karena kini sang guitaris mereka membentuk band Death Metal ( Jagal ). Sedang para personil lainya menyatakan pensiun dengan alasan ingin berkarir.Namun beberapa personil dari Sukmo mengaku tetap masih mendukung sepenuhnya bagi para generasi Metal lainya.
Tapi, Sukmo Langgeng tetaplah Sukmo Langgeng dan tetap akan menjadi bukti nyata tentang keberadaan mereka di jalur musik bawah tanah khususnya Black Metal.
Dan harapanku semoga para Metal Militia mampu meneruskan semangat juang mereka selain yg kini masih tersisa yaitu MAKAM.

apabila ada sedikit kata yg salah dan kurang enak dibaca, saya nyuwun ngapunten nggih.
Matur Nuwun.......


0 komentar:

  © Free Blogger Templates Nightingale by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP